5 Langkah Meminta Maaf Secara Efektif

5 Langkah Meminta Maaf Secara Efektif



Apakah anda bermasalah dengan cara meminta maaf dengan orang lain?. Jika diantara kalian ada yang bermasalah dengan cara meminnta maaf. Berikut 5 lankah meminta maaf secara efektif dari saya.

o   Ungkapkan dengan tulus
Setiap orang bisa mengetahui permintaan maaf palsu yang telah memperburuk situasi. Maaf yang tulus dimaksudkan untuk mengambil tanggung jawab dan memperbaiki kesalahan. Tidak ada harapan lain selain meminta maaf dengan tulus.

o   Jangan membenarkan tindakanmu
Kalau kamu sibuk menjelaskan alasan mengapa kamu melakukannya, kamu belum siap bertanggung jawab. Penjelasan singkat sudah cukup membantu pihak lain memahami. Sedangkan untuk membenarkan tindakanmu akan memperburuk situasi

o   Buat komitmen untuk berubah
Jika kamu tidak punya niat untuk memperbaiki kesalahn, berarti kamu belum punya komitmen untuk meminta maaf. Misalnya jika kamu belum komitmen untuk merubah kebiasaan terlambat tiba di rumah, jangan katakan , “maaf aku terlambat pulang” ini permintaan maaf yang tidak efektif.

o   Ucapkan dengan hati-hati
Pasti orang lain tahu mengapa kamu meminta maaf. Perhatikan kalimat berikut :“saya kebetulan lewat dan sekalian mampir minta maaf” dengan “Saya berniat datang dan ingin meminta maaf karena saya ingin hubungan kita berjalan baik” tentu kalimat yang ke 2 sangat baik digunakan. Jangan berpura-pura dan memasang wajah palsu.

o   Persiapkan diri mendengar semua reaksi dari dia
Meski terkadang ucapan maaf langsung diikuti ucapan yang sama dan perdamaian, tidak semua orang memberikan reaksi sama. Sebagian orang akan acuh tak acuh, sebagian lagi merespon dingin permintaan maaf anda. Anda sudah melakukan langkah terbaik dengan mengucap kata maaf. Mungkin orang tersebut akan bisa menghargai permintaan maaf anda, atau tidak sama sekali. Tetapi semua itu tidak masalah, toh kamu sudah melakukan apa yang seharusnya di lakukan manusia umumnya. Sisanya terserah mereka aja.

Itu tadi cara berminta maaf secara efektif, jangan malu meminta maaf, karena dengan meminta maaf, kita menjadi lega karena sudah melakukan yang semestinya. Jadi jangan malu minta maaf jika salah
Previous
Next Post »
Thanks for your comment