Pengertian Algoritma dan Pemrograman

Pengertian Algoritma dan Pemrograman

            Sebelum kita mempelajari tentang pemrogramana, ada baiknya kita mengetahui apa itu logaritma dan pemrograman.

Para ahli sejarah matematika menemukan asal kata Algorism yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi. Al- Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). Perubahan kata dariAlgorism menjadi Algorithm muncul karena kata Algorism sering dikelirukan denganArithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa. Maka lambat laun kata Algorithmberangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata.

Menurut  Rinaldi  Munir,  algoritma  adalah  urutan  langkah-langkah  logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Menurut KBBI Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Jadi, Berdasarkan dua pengertian algoritma di atas, dapat disimpulkan bahwa algoritma merupakan suatu istilah yang luas, dan masih banyak lagi pengertian – pengertian tentang algoritma. Algoritma tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer akan teapi algoritma juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat kita ditemui dalam kehidupan sehari – hari misalnya:
1.      Membuat kopi panas.

Prosesnya adalah sebagai berikut:
1.      Memanaskan air.
2.      Tuangkan bubuk kopi ke dalam gelas.
3.      Tambahkan gula
4.      Memasukkan air yang telah mendidih ke dalam gelas.
5.      Aduk hingga merata.
6.      Kopi panas siap disajikan


2.      Menyalakan laptop.
Prosesnya adalah sebagai berikut:
1.      Buka laptop.
2.      Tekan tombol power pada laptop.
·         Jika batterai tidak ada maka ambil ces dan colokkan pada laptop
·         Jika ada, maka langsung bisa di gunakan.

Selain contoh diatas  masih banyak lagi contoh – contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari.

Setiap manusia punya pola pikir yang berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lain, oleh karena itu dalam memecahkan suatu masalah ataupun juga algoritma dengan hasil yang berbeda. Algortma dikatakan benar atau baik apabila dapat menyelesaikan suatu masah.
Pemograman berasal dari kata program yang berarti serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer, sedangkan pemograman adalah  segala kegiatan pembuatan program menggunakan komputer. Komputer membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer. Selain itu terdapat istilah bahasa pemograman yang  berarti  bahasa  yang digunakan dalam pembuatan program komputer. Oleh sebab itu  berdasarkan pengertian algoritma dan pemograman  maka dapat disimpulkan bahwa program merupakan hasil dari penerapan-penerapan algoritma.

Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasidalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan juga manusia. Proses komputasi pada umumnya didefinisikan secara formal menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing (model komputasi teoritis yang ditemukan oleh Alan Turing). Sebenarnya  bahasa pemrograman dirancang sebagai media untuk memfasilitasi komunikasi antara manusia dengan komputer.
Sebuah bahasa pemrograman disebut Turing Complete jika dapat dipergunakan untuk mendeskripsikan semua komputasi yang dapat dilakukan Mesin Turing, yaitu memiliki variableinteger dan operator aritmatik, pernyataan penugasan, pernyataan sekuensial, pernyataan seleksi, dan pernyataan iterasi didefinisikan secara formal menggunakan konsep matematika

Bagaimana? Sudah paham tentang pemrograman?, semoga ilmu yang sedikit ini bisa membanu anda dalam menyelesaikan masalah anda. Salam TIF
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Adi Selamet
admin
5 January 2015 at 17:49 ×

Bener gan. Istilah Algoritma merupakan sebutan Barat untuk ilmuwan Islam. Bahasa pemprograman memang selalu dikaitkan dengan Algoritma. Mantap ulasanmu gan

Congrats bro Adi Selamet you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment