Nangka Artocarpus heterophyllus Lam

Nangka
Artocarpus heterophyllus Lam




Klasifikasi
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        : Dilleniidae
Ordo                : Urticales
Famili              : Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus              : Artocarpus
Spesies            : Artocarpus heterophyllus Lam



Ciri-Ciri Tanaman
Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.
Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1-4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5-25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.

Manfaat Tanaman
1.      Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran.
2.      Tepung biji nangka digunakan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran).
3.      Daun muda dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.
4.      Kayu nangka dianggap lebih unggul daripada jati untuk pembuatan meubel, konstruksi bangunan pembubutan, tiang kapal, untuk tiang kuda dan kandang sapi ( di Priangan), dayung, perkakas, dan alat musik.
5.      Pohon nangka dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.
6.      Di Jawa Timur buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bahan sayur asam.
7.      Di Jawa Tengah dikenal berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh , oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda).
8.      Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg.
9.      Sementara di seputaran Jakarta dan Jawa Barat, bongkol bunga jantan (disebut babal atau tongtolang) kerap dijadikan bahan rujak.
10.  Buah nangka sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik, untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi sel darah putih.
11.  Nangka memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi, yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit
12.  Buah nangka mengandung mineral seperti mangan, zat besi, vitamin B6, niasin, asam folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh
13.  Buah nangka mengandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa. Daging buahnya yang empuk, manis, membuat tubuh segar kembali
.
Itu tadi beberapa manfaat dari buah nangka yang telah saya simpulkan dan ringkas menjadi beberapa bahkan lebih banyak, semoga anda dapat memanfaatkan buah nangka sampai ke akar-akarnya, ups maksut saya sampai yang bisa di gunakan. Ternyata banyak juga ya manfaatnya, tanpa kita sadari. Semoga bertambah wawasannya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment